About Us

PROFIL GITA TELADAN DRUM AND BRASS CORPS

Gita Teladan didirikan di Jakarta pada tanggal 9 Juni 1982 dan diresmikan oleh bapak Abdul Gafur yang menjabat sebagai Menpora saat itu. Nama Gita Teladan diberikan oleh Ibu Ali Murtopo yang memiliki arti ‘Suara Teladan’, sesuai dengan predikat sekolah teladan yang disandang oleh SMA Negeri 3 (saat ini SMU 3) Jakarta saat itu. Marching Band ini cukup sarat pengalaman dengan membawa warna yang berbeda dan pembaruan dalam khasanah marching band di Indonesia. Dengan bercirikan musik klasik dan penampilan yang unik, Gita Teladan telah berhasil meraih prestasi antara lain Runner-up GPMB 1990 dan 1993 dan Juara GPMB 1991 dan 1992. Mulai tahun 1997 hingga tahun 2000, Gita Teladan mengalami kevakuman karena hilangnya seluruh aset peralatannya yang disebabkan oleh permasalahan internal organisasi.

Meski tanpa peralatan satupun, organisasi Gita Teladan tetap eksis. Dengan dilandasi semangat untuk menghadirkan kembali Gita Teladan, beberapa alumni yang tergabung di dalam Gita Teladan Alumni Association (GTAA) berusaha menghimpun dana sedikit demi sedikit dari kemampuan masing-masing untuk pengadaan peralatan. Berbagai upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil, sehingga pada tanggal 9 Juni 2001, bertepatan dengan hari jadinya yang ke-19, MB Gita Teladan SMU 3 Jakarta dapat memulai latihannya kembali. Tanggal tersebut dijadikan sebagai tanggal lahirnya kembali MB Gita Teladan yang menggunakan nama baru “GITA TELADAN DRUM & BRASS CORPS” dan merupakan momentum awal berkiprahnya kembali Gita Teladan di arena kompetisi marching band/drum corps di Indonesia. Saat ini Gita Teladan Drum & Brass Corps sepenuhnya dikelola oleh Gita Teladan Alumni Association (GTAA) yang bermitra dengan SMU 3 Jakarta.

Gita Teladan yang dahulunya hanya beranggotakan siswa dan alumni SMU 3 Jakarta, mulai tahun 2003 telah mengubah statusnya dari band sekolah menjadi band umum dengan menerima anggota dari luar SMU 3 Jakarta, sehingga Gita Teladan menjadi drum corps yang terbuka untuk umum. Di usianya yang relatif sangat muda ini, Gita Teladan bertekad untuk terus belajar sambil menimba pengalaman, dan berkiprah dengan memberikan suatu warna tersendiri dalam dunia marching band/drum corps di Indonesia.

Saat ini GITA TELADAN DRUM & BRASS CORPS berada dibawah naungan YAYASAN ALUMNI GITA TELADAN yang diresmikan pada 14 Agustus 2012.

Sejak 1 September 2013, GITA TELADAN tidak lagi bermarkas di SMA 3, Jakarta dan pindah di GOR SESKOAL, Cipulir, Jakarta Selatan.

GITA TELADAN DRUM & BRASS CORPS kini berada dibawah naungan YAYASAN ALUMNI GITA TELADAN (diresmikan pada 14 Agustus 2012) dan kemudian berganti nama lagi menjadi GITA TELADAN SUMBANGSIH DRUM CORPS semenjak menjalin kerja sama dengan Yayasan Perguruan Sumbangsih pada Oktober 2015.